Berlangganan

Apakah Acara-Acara TV Tempo Dulu yang Membuat Kita Selalu Rindu?





Televisi menjadi satu dari sekian alat-alat yang rutin ada di pertumbuhan hidup kita. Dari lumayan kecil hingga berumur 20-an saat ini, peran televisi nggak sempat luput datang di setiap harinya.

Akan padahal sayang, agenda TV waktu ini telah tak lagi beragam serta menghibur seperti waktu dulu. Selebih menurunnya mutu program TV, membikin kami selebih rindu dengan program-program terdahulu yang mengisi era lumayan kecil serta remaja kita. Kira-kira, apa saja ya program TV yang rutin membikin kami rindu era dulu itu?


1. Hidupmu tersanjung semisal setiap menjelang malam sempat nontonCaptain Tsubasa
Tsubasa Ozora serta SD Nankatsu
Apakah Acara-Acara TV Tempo Dulu yang Membuat Kita Selalu Rindu?

Tsubasa Ozora serta SD Nankatsu melalui www.zerochan.net

    “Bola merupakan kawan”

    – Tsubasa Ozora

Buat para cowok, era kecilmu tak lebih tersanjung nih semisal nggak menyaksikan kartun ini setiap sore. Kartun ini menceritakan mengenai seseorang anak pindahan ke SD Nankatsu bernama Tsubasa Ozora yang kegemaran banget main sepak bola. SD Nankatsu ini sebetulnya punya tim sepak bola, tapi sayang performanya nggak lumayan baik untuk meraih kemenangan di beberapa turnamen.

Lalu, hadirlah Tsubasa yang memberbagi spirit serta arahan bagi timnya agar bisa bermain dengan baik. Serta dengan cara perlahan, tim sepak bola Nankatsu ini pun mengawali dengan siuman serta mengalahkan antagonis bebuyutannya, SD Tsutetsu. Biasanya sih, anak-anak laki-laki habis nonton ini langsung main sepak bola hingga maghrib. Iya nggak?


2. Tralala… Trilili
Agnes Monica yang tetap imut serta Kak Feri

Agnes Monica yang tetap imut serta Kak Feri melalui youtube.com

Biarpun kini sukanya sama Raisa atau Chelsea Islan, tapi dulu kalian para laki-laki tentu ngefans sama pembawa agenda musik anak ini. Yap! Dirinya merupakan Agnes Monica yang kini lebih dikenal sebagai Agnezmo. Saat itu, Agnes Monica tetap terkesan terlalu cute serta setiap jam 3 sore, anak-anak laki-laki tentu buru-buru menyalakan TV untuk nonton agenda ini.

Mesikipun niatnya cuma untuk nontonin Agnesnya, tapi anak-anak lumayan kecil zaman dulu menerimakan lumayan banyak faktor dari agenda ini. Nggak hanya lagu-lagu anak terupdate, padahal juga beberapa info serta pengetahuan yang dekat dengan hidup mereka sehari-hari. Sayang ya, waktu ini agenda seperti Tralala… Trilili telah hampir tak ada lagi. Adik-adik kami terpaksa menonton ‘lalala… yeyeye’, deh.


3. Saras 008
Catwoman a la Indonesia

Catwoman a la Indonesia melalui merdeka.com

Semisal Hollywood punya Catwoman, Indonesia dulu punya Saras 008! Saras ini sebetulnya hanyalah seseorang cewek biasa. Kebetulan ia punya seekor kucing bernama Ketty yang terlalu disayanginya. Akan- tetapi, tahu-tahu kucingnya ini tewas serta (entah kenapa) arwahnya merasuki tubuh Saras. Semenjak saat itulah, andaikan ada kriminalitas yang biasanya dikarenakan oleh Mister Black, Saras bisa berubah menjadi pahlawan kebajikan Saras 008.

Sinetron ini berhasil menjadi satu dari sekian sinetron pertama yang mengusung tema superhero di Indonesia. Kawanya unik, jarang ada di Indonesia; pesan moralnya pun nggak kalah lumayan banyak. Tapi yang terpenting sih sinetron ini berhasil bikin anak-anak zaman dulu giat minum susu. Kok bisa? Masalahnya ada Milkyman, superhero yang giat minum susu serta jadi rekannya Saras 008 dalam melenyapkan kejahatan.


4. Panji Orang-orang Milenium
Bang Primus kala itu

Bang Primus kala itu melalui nonton.com

Masuk tahun 2000, kata ‘milenium’ terbukti jadi tren banget. Saking trennya, kata ini dipakai sebagai satu dari sekian sinetron hits saat itu, Panji Orang-orang Milenium, dengan pemeran mutlak yang tak lain serta tak enggak merupakan… Primus Yustisio.

Panji ini awalnya hanyalah seseorang remaja di panti asuhan. Tapi tahu-tahu ia menerimakan suatu gelang sakti yang bisa mengubahnya menjadi superhero di era milenium. Kekuatan mutlak Panji merupakan dirinya bisa berlubang pandang atau nggak kelihatan oleh siapapun, khususnya oleh musuhnya. Kemudian kekuatannya ini menghilang sebab Panji mengabulkan keinginan seseorang anak yang sekarat untuk melihat dirinya. Semenjak saat itu pulalah, Panji akhirnya terkesan oleh Donclo, antagonis bebuyutannya. Mulia sekali ‘kan Panji ini? Nggak kagum deh semisal dulu kalian hingga merengek minta dibelikan kostumnya serta menjadi Panci Orang-orang Aluminium.


5. Ci….luk…ba! Mmmmmuuaaah!
Nama acaranya dari judul lagu Maissy

Nama acaranya dari judul lagu Maissy melalui obatalami.bloginformasiterkonkret.com

    Ci..Luk..Ba! Mmmmuaaaah!

Agnes Monica punya saingan nih. Nggak kalah cute serta suka kasih kiss-bye setiap harinya. Siapa lagi semisal enggak si indah Maissy. Nah, dulu setiap sore, Maissy juga setia mengantar kalian lewat agenda Cilukba ini. Konsepnya nggak jauh beda kok dengan Tralala… Trilili, tetap memutarkan lagu-lagu anak yang paling baru serta terkenal era itu.

Sang pembawa acara, saat itu terbukti satu dari sekian penyanyi cilik yang terkenal. Nama agenda Cilukba ini saja diambil dari satu dari sekian judul lagunya. Tapi sekarang, Maissy telah nggak melanjutkan profesinya sebagai penyanyi lagi, kecuali jadi seseorang dokter!
Yang jadi dokter nyatanya Maissy, enggak Susan

Yang jadi dokter nyatanya Maissy, enggak Susan melalui lintas.me


6. Let’s And Go
Kakak beradik pembalap mini 4WD

Kakak beradik pembalap mini 4WD melalui www.ail.com.hk

Gara-gara anime satu ini, mainan mobil-mobilan tipe mini 4WD (di Indonesia sih biasa dibilang tamiya) laris banget di pasaran serta balapannya diselenggarakan di mana-mana. Ya, anime ini terbukti bercerita mengenai suatu balapan mini 4WD di Jepang sana. Balapannya nggak hanya di 1 ruangan saja, lho, padahal berkilo-kilometer jaraknya. Bahkan sempat beberapa kali melalui lintasan balapan di bawah laut. Dahsyat, ‘kan?
Must have item

Must have item melalui www.tamiya.com


7. Tuyul serta Mbak Yul…..Tuyul serta Mbak Yul….
Tuyul serta Mbak Yul

Tuyul serta Mbak Yul melalui nonton.com

    “Batal maning, batal maning”

Ingat kalimat-kalimat itu? Yap! Itulah kalimat-kalimat yang lebih terbiasa diucapkan Si Bos serta Samson semisal batal meringkus Si Ucil, tuyul yang dikeluarkan dari bumi pertuyulan sebab meyimpang peraturan. Si Ucil ini akhirnya berkawan dengan Mbak Yul, yang mana seseorang orang-orang, serta Kentung, jin penjaga pantai yang berbadan serta berperut besar.

Sekarang, kami terbukti telah nggak bisa lagi menikmati sinetron lucu ini. Tapi bunyinya Si Ucil tetap bisa kami dengar kok setiap hari Minggu lewat sifat kartun Shinchan. Lumayan lah buat obat rindu sama Ucil. Hehe.


8. Kekayaan yang Paling Berharga Merupakan Keluargaaa~ : Keluarga Cemara
Abah, Emak, Euis, Agil, serta Ara

Abah, Emak, Euis, Agil, serta Ara melalui kapanlagi.com

Sinetron ini sewajibnya tetap tetap tayang ya di layar kaca kita. Nggak hanya memberbagi tayangan hiburan saja, sinetron ini juga mengajarkan kami untuk rutin sayang pada keluarga serta menghargai jerih payah orangtua yang telah mencari nafkah untuk kami melalui keluarga Abah yang hidupnya terlalu sederhana.

Mungkin istilah “tersanjung itu sederhana” datang dari sinetron ini. Keluarga Abah tersusun dari Abah, Emak, Euis, Agil, serta Ara. Kediaman mereka terlalu sederhana, Abah pun hanya bekerja sebagai tukang becak. Euis, Agil, serta Ara juga tak malu menolong berjualan opak untuk menolong Abah mencari nafkah. Tapi dalam kesederhanaan ini, keluarga Abah tetap bisa merasa tersanjung sebab mempunyai kekayaan yang paling berharga, yaitu keluarga.

    “Harta yang paling berharga merupakan keluarga

    Istana yang paling indah merupakan keluarga”

    – OST Keluarga Cemara

9. Kring Kring… Olala
Para pembawa agenda Kring Kring Olala saat ini

Para pembawa agenda Kring Kring Olala waktu ini melalui twitter.com

    “Apa laporan dunia?”

Kamu yang kegemaran nonton agenda ini tentu tahu deh harus jawab apa semisal ditanya seperti ini. Ya, biasanya semisal si pembawa agenda bertanya ini, semua anak di studio langsung kompak menjawab:

    “Tetep… asyik”

Acara Kring-Kring Olala ini terbukti lumayan nge-hits dulu di akhir 90-an. Tipe acaranya nggak jauh tak sama dengan Tralala… Trilili serta Cilukba, tetap memutarkan lagu-lagu anak beserta klip videonya. Tapi yang tak sama merupakan Kring-Kring Olala memodifikasi konsepnya menjadi interaktif, yaitu merilis penonton anak-anak di studio serta membuka lintasan telepon bagi penonton yang ingin request lagu atau mentransfer salam untuk kawannya. Seru ‘kan? Nggak kagum deh semisal dulu agenda ini jadi favorit para anak-anak.

Ngomong-ngomong, di antara kalian ada yang sempat menelepon atau nonton langsung di studio nggak?


10. Digimon
Menjadi kupu yang sehat, terbawa angin berkilau. Kini ku berangkat untuk berjumpa dikau~

Menjadi kupu yang sehat, terbawa angin berkilau. Kini ku berangkat untuk berjumpa dikau~ melalui www.thedigi-zone.com

Setiap hari Minggu pukul 07.30, kalian tentu telah siap-siap pegang remote TV agar nggak ada yang menggoda ritual menonton Digimonmu. Anime yang mengisahkan mengenai 7 person anak menyasar di bumi Digimon ini terbukti menjadi satu dari sekian tontonan favorit pada era 90-an serta 2000-an lalu. Ketujuh anak itu ditarik ke dalam bumi digital saat sedang terjadi badai salju di agenda kemah musim panas sekolah mereka. Di bumi digital tersebut, sendiri-sendiri dari mereka dikawani oleh Digimon atau fauna digital serta dilengkapi dengan suatu Digivice, gawai yang sanggup membikin Digimon berubah.

Ditariknya mereka ke bumi digital merupakan untuk menolong para Digimon dalam menjaga dunianya dari agresi The Master. Pertarungan yang terjadi antara Digimon serta para musuhnya terlalu seru, bikin kami betah menonton bahkan hingga rela menahan buang air kecil. Belum lagi aksi-aksi evolusi mereka menjadi wujud yang lebih keren. Nggak kagum deh semisal hampir semua anak keturunan 90-an punya koleksi dvd serta action figure Digimon ini.


11. Planet Remaja: Peace, Love, aaand *kecup jari* Gaul!
Studio Planet Remaja

Studio Planet Remaja melalui myspace.com

Pada tahun 2000-an, para remaja nggak butuh kelabakan untuk mencari wadah berteman serta unjuk kebolehan sebab ada agenda satu ini. Ya, agenda Planet Remaja terbukti dikenal sebagai ajang turnamen bagi para siswa sekolah menengah. Kompetisinya pun bermacam-macam, mengawali dengan dari yel-yel, band, pandai cermat, hingga aksi ekstrakurikuler dari sendiri-sendiri sekolah. Pokoknya penuh dengan aktivitas positif deh. Jadi, nggak ada tuh yang namanya tawuran.

Pembawa agenda Planet Remaja ini berganti-ganti, mengawali dengan dari Ayushita, Niken Octo, hingga Nagita Slavina. Tapi sih pembawa agenda yang laki-laki tetap nggak berubah, yaitu Dwi Andhika. Oh iya, ngomong-ngomong, tetap ingat slogan agenda ini nggak?
Peace, love, and gaul~~

Peace, love, and gaul~~ melalui keepcalm-o-matic.co.uk


12. Amigos Por Siempre~
Amigos X Siempre

Amigos X Siempre melalui www.coveralia.com

Yang rela bolos level TPA tiap menjelang malam untuk nonton telenovela ini tunjuk tangan! Drama hidup Ana, Pedro, serta keluarga Vidal ini terbukti susah untuk dilewatkan ya. Setiap harinya kami disuguhi cerita yang seru mengenai keluarga Vidal serta anak-anak di Sekolah Vidal memadai dengan kisah love lucu a la anak remaja. Telenovela ini juga selebih seru sebab kerap diselingi dengan lagu-lagu keren yang dinyanyikan oleh Ana, Pedro, serta kawan-kawannya.

Ceritanya lumayan panjang sih, episodenya pun juga ratusan layaknya sinetron-sinetron yang ada di Indonesia. Tapi boleh jadi kenapa kami betah ya menontonnya setiap hari. Bisa jadi sebab pemeran Pedro serta Santiago yang ganteng kali, ya? :p
Ana serta Pedro

Ana serta Pedro melalui belindaphotos.com

Hayo, siapa yang ke sekolah rambutnya diikat serta gunakan bandana seperti Ana?


13. Kuis Siapa Berani
Helmi Yahya serta Alya Rohali bersama satu dari sekian grup peserta

Helmi Yahya serta Alya Rohali bersama satu dari sekian grup peserta melalui hiburan.kompasiana.com

Program TV berkonsep kuis terbukti telah jarang sekali ada saat ini. Tapi dulu, pada era 90 serta 2000-an, agenda kuis menjadi program harapan di semua stasiun TV. Satu dari sekian kuis yang digemari merupakan Kuis Siapa Berani. Tetap ingat siapa yang menjadi pembawa acaranya? Yap, tak lain serta tak enggak merupakan Si Raja Kuis, Helmi Yahya, serta Alya Rohali.

Kuis ini merilis 5 grup yang saling berlomba dalam 4 babak sebelum akhirnya 1 grup berhasil masuk babak insentif. Biasanya, yang menjadi peserta dari kuis ini merupakan grup ibu-ibu PKK, arisan, keluarga, serta majelis ta’lim. Maklum, hadiahnya lumayan menggiurkan, yaitu Rp 20 juta. Ditambah dengan cendera mata stimulan setiap babaknya yang berupa perlengkapan kediaman tangga. Layak saja ya ibu-ibu spirit ikut kuis ini. Hehe.


14. Kuis Galileo
Susan Bachtiar, pembawa agenda Kuis Galileo

Susan Bachtiar, pembawa agenda Kuis Galileo melalui femaledaily.com

Selain kuis Siapa Berani, ada lagi nih kuis berbobot yang sempat datang di layar kaca, namanya kuis Galileo. Semisal di kuis Siapa Berani pertanyaannya seputar pengetahuan umum, kuis Galileo ini memkonsentrasikan pertanyaan di sektor ilmu pengetahuan serta teknologi (iptek). Alat peraganya pun disediakan oleh pihak PP IPTEK TMII. Keren, ya?

Bukan cuma itu saja. Struktur evaluasi kuis ini juga unik, lho. Setiap peserta yang memberikan jawaban pertanyaan dengan benar tak diberbagi poin tambah kecuali boneka Si Galileo, maskot agenda ini. Tetap ingat wujud bonekanya?
Galileo, maskot kuis ini

Galileo, maskot kuis ini melalui kaskus.co.id


15. Cinema-Cinema
Pembawa agenda Cinema-Cinema

Pembawa agenda Cinema-Cinema melalui viva.id

Dulu, untuk mengenal film box office terupdate beserta ulasan serta behind the scene-nya, kami nggak butuh repot langganan majalah atau mencari infonya di internet. Kenapa? Sebab ada agenda keren satu ini yang menjelaskannya.

Cinema-cinema datang setiap hari Sabtu menjelang malam dengan Mayong Suryo serta Ira Wibowo sebagai pembawa acaranya. Biasanya, semisal telah dekat-dekat jam 4 sore, kalian tentu telah duduk manis di depan TV menantikan agenda ini dimulai. Nggak lalai juga kalian mandi sebelumnya, untuk meminimalisir disuruh mandi oleh orangtua di sela-sela acara. Sayang sekali agenda seperti ini telah tak ada lagi di TV. Padahal agenda ini bisa menjadi satu dari sekian wadah untuk menginovasi perfilman Indonesia.


16. MTV serta Semua DJ ciamik di baliknya….
MTV: Music TV

MTV: Music TV melalui naraazizshika.blogspot.com

Last but not least, merupakan MTV! Pemuda keturunan 90-an hingga 2000-an awal tentu nggak sempat luput menyetel agenda ini setiap harinya. Sebab tidak hanya radio, saluran TV inilah yang bisa memberbagi literatur musik terupdate pada era itu.

Nggak hanya musik saja, MTV juga mempunyai program hiburan lainnya yang diperuntukkan untuk pemuda urban. Sebut saja, MTV Bujang, MTV Global Room, hingga yang khusus musik dangdut, MTV Salam Dangdut. Kesemua acaranya dikemas dengan apik, ringan, akan- padahal mempunyai info yang padat jadi tentunya berguna untuk anak muda.
Rianti, jebolan MTV VJ Hunt

Rianti, jebolan MTV VJ Hunt melalui www.indonesianfilmcenter.com

Oh iya, setiap tahunnya, MTV juga rutin mencari video jockey (VJ) atau pembawa acara, lho, lewat program MTV VJ Hunt. Yang terseleksi pun nggak hanya indah atau tampan, padahal juga mempunyai otak yang cemerlang serta bisa menjadi favorit baru untuk anak muda.


17. Spontan UHUY!
Komeng uhuy

Komeng uhuy melalui kapanlagi.com

    “Spontan? Uhuy!”

Sewaktu kecil, seruan itu tentu bersahabat banget di telinga kita. Serta uniknya, cuma ada 1 person saja yang bisa menyerukan itu dengan sempurna, yaitu Komeng. Agenda komedi iseng ini terbukti dibawakan oleh komedian tersebut. Teringat deh alangkah malunya orang-orang yang berhasil dikerjai oleh tim agenda Spontan.

Eh, tapi sebetulnya ada 1 segmen yang paling tak bisa dilupakan dari agenda ini, yaitu segmen dubbing hewan-hewan primata. Topiknya pun nggak sembarangan, lho! Tak sedikit berbau kritik politik padahal dibawakan dengan jenaka. Pokoknya cerdas!



Itulah acara-acara terkenal di zaman kami lumayan kecil serta remaja dulu. Bagaimana? Rindu nggak? Semisal ada agenda lain yang kalian kangeni, mari tulis di kolom komen ya! Selamat bernostalgia!