Berlangganan

Inilah Fakta Di Balik Mungilnya Kabupaten Bondowoso, Ada Destinasi-destinasi Ini yang Seru Dikunjungi





    Kabupaten Bondowoso? Di mana tuh? Letaknya di tahap  bumi mana?

Itu kalimat yang lebih terbiasa timbul dari mulut person saat kalian bercerita mengenai kabupaten Bondowoso. Kota ini terbukti wallflower — tidak sangat menampakkan keberadaannya dipadankan kota-kota lain di kurang makinnya. Letaknya di Jawa Timur, bersebelahan dengan kota Jember serta Situbondo. Yang biasa dijuluki dengan kota penghasil tape ini tidak mempunyai tingkat kepadatan warga yang tinggi, jadi keindahannya tetap terjaga asri.

Tapi tidak boleh memandang Bondowoso sebelah mata. Walaupun belum sepopuler kota induknya Surabaya, Bondowoso mempunyai beberapa keindahan alamiah yang dikelilingi gunung-gunung serta iklim yang dingin serta diselimuti iklim yang dingin. Tidak akan- mengecewakan, list wisata di Bondowoso ini wajib kalian masukkan ke bucket list kamu.



Segarnya si air terjun kembar bisa membikin kalian tampak tahan lama muda.
Si kembar air terjun unggulan Bondowoso (kredit: Jaya Sudadio)
Inilah Fakta Di Balik Mungilnya Kabupaten Bondowoso, Ada Destinasi-destinasi Ini yang Seru Dikunjungi

Si kembar air terjun unggulan Bondowoso (kredit: Jaya Sudadio)

Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Tancak Kembar sebab sumber dari air terjunnya ada 2, berada di desa Andongsari kecamatan Pakem Bondowoso. Dari kota Bondowoso menuju ke arah barat 25 km, air terjun dengan ketinggian 77 m ini dikelilingi oleh hutan lindung yang tetap asri serta pusat riset kopi Arabica serta kakao. Serta konon katanya, andaikan hadirin menguras muka dengan air dari air terjun ini akan- tahan lama muda. Tuh, ketimbang perawatan mahal-mahal? Hehe.



Kejar serta tangkap Blue Fire di kameramu, yang hanya bisa dilihat di Kawah Ijen.
Keindahan kawah Ijen yang tiada duanya (kredit: Afif Rizqiawan)

Keindahan kawah Ijen yang tiada duanya (kredit: Afif Rizqiawan) melalui instagram.com

Loh, Kawah Ijen bukannya di Banyuwangi ya, kok ada dua sih? Enggak ada dua, tapi terbukti tempat dari gunung berapi aktif ini ada di perbatasan kota Bondowoso serta Banyuwangi — jadi tetap bisa diklaim sebagai milik kota Bondowoso dan juga Banyuwangi. Gunung dengan ketinggian 2433 mdpl ini mempunyai ciri khas blue fire alias bola api bewarna biru yang turun ke kawahnya di waktu eklusif, untuk bisa memandang blue fire ini di bumi cuma ada 2 tempat yaitu Islandia serta Ijen aja. Jadi tunggu apa lagi untuk memandang keajaiban yang eksentrik di bumi ini?



Lihat keindahan pancaran pelangi di air terjun Kosabeh ini!
Pelangi dari bias air terjun sukosawah yang indah (kredit: Akhmad Fadillah)

Pelangi dari bias air terjun sukosawah yang indah (kredit: Akhmad Fadillah) melalui instagram.com

Air terjun ini dinamakan air terjun Sukosawah sebab lokasinya yang berada di desa Suko Sawah. Dalam bahasa Madura, sawah itu sabeh, jadinya rakyat kurang makin menyebutnya dengan ‘Kosabeh/. Air terjun yang belum lumayan banyak dikenal manusia ini tetap sangat terjaga keasriannya, serta perjalanan menuju ke lokasi tersebut memerlukan aspirasi yang tinggi sebab beratnya medan. Tapi ini worth it untuk dikunjungi, sebab kalian akan- bisa sejuknya percikan air terjun, asrinya alam kurang makinnya serta bias pelangi yang menghiasinya. Jadi gak sia-sia melalui medan yang berat, kalian menerima pemandangan yang sangat indah.


Mau mengalami I Feel Free ala Farah Quinn di Kawah Wurung?
Nikmati keindahan sabana di Kawah Wurung.

Nikmati keindahan sabana di Kawah Wurung. melalui www.travelmatekamu.com

Tentu tetap inget ‘kan dengan fenomena di entertainment si bintang film Farah Quinn yang mengunggah gambar dengan caption I Feel Free di sebuah lokasi wisata? Nah, lokasinya merupakan Kawah Wurung yang terletak di daerah pegunungan Ijen. Kawah wurung ini merupakan perbukitan hijau yang dipenuhi dengan rumput, bunga-bunga unik yang merias sabananya. Kawah Wurung mempunyai kontur berbukit-bukit yang dipenuhi dengan rerumputan hijau, melihatnya sangat menyegarkan mata.


Air terjun yang menggantung, cuma air terjun Gantongan!
Segarnya air terjun Gantong (kredit: Fahmi Lutfiah)

Segarnya air terjun Gantong (kredit: Fahmi Lutfiah) melalui instagram.com

Kabupaten Bondowoso terbukti dipenguasaan dengan manusia berbahasa Madura. Ini mengakibatkan seluruhnya tetap berbau dengan Madura, tergolong air terjun ini. Diberi nama Gantongan yang dalam bahasa Madura artinnya menggantung, air terjun ini terkesan seakan menggantung di antara tebing cadas. Lokasinya terletak di Afdeling Watu Capil, tetap di daerah pegunungan Ijen. Air terjun ini tidak sama dengan lainnya sebab airnya yang berwarna kuning, faktor ini dikarenakan airnya berasal dari air asam Kawah Ijen.


Gak butuh jauh-jauh ke Inggris untuk lihat Stonehenge, di Bondowoso juga ada kok.
Stonehonge versi Indonesia, di Batu So'on Solor.

Stonehonge versi Indonesia, di Batu So’on Solor. melalui bappeda.bondowosokab.go.id

Stonehenge versi Indonesia ada di Bondowoso, dengan nama Betoh Soon (read: Batu Junjung). Terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso serta Kabupaten Situbondo kecamatan Cerme, desa Solor. Batuan purba ini besar, tinggi, kokoh serta tersusun begitu rapi, tidak hanya itu keasriannya tetap bisa dinikmati.


Taklukkan pegunungan Ijen serta nikmati sunrise di Gunung Suket.
Nikmati pancaran sinar matahari dari gunung suket (kredit: Adi Susanto)

Nikmati pancaran sinar matahari dari gunung suket (kredit: Adi Susanto) melalui instagram.com

Grup pegunungan Ijen tersusun dari Gunung Raung, Gunung Suket, serta Gunung Ijen itu sendiri. Hari ini yang akan- dibahas merupakan gunung suket, gunung yang mempunyai ketinggian 2950 mdpl yang juga tidak kalah indahnya dengan kedua gunung di grupnya. Untuk memanjat gunung ini wajib mempunyai keberanian yang besar, sebab medan yang bisa disebut tidak mudah. Jadi kalian yang ingin mempunyai tantangan dalam bereksplor, gunung suket ini bisa dijadikan opsi.


Kamu wajib memandang serta mengkekalkan peristiwa di Guest House peninggalan Belanda yang Instagrammable ini.
Rumah bekas peninggalan Belanda yang sangat unik di Jampit (kredit: Shofiudin)

Rumah bekas peninggalan Belanda yang sangat unik di Jampit (kredit: Shofiudin)

Guest House Belanda ini masuk dalam wisata agro Jampit, yang menyuguhkan keindahan kediaman peninggalan keluarga Belanda yang sempat tinggal di sana sebelumnya. Kediaman yang berasitektur ala Eropa dengan penguasaan kayu, dihiasi dengan bunga-bunga indah yang konon didatangi langsung dari benua biru itu terbukti sangat indah. Kalian bisa bergambar-gambar di sana sepuasnya, sebab kalian akan- menemukan lumayan banyak spot yang keren serta indah untuk berekspresi diri.


Bermain-main ilalang yang indah ala-ala film yang bisa kalian nikmati di Kawah Ilalang ini.
Bermain dengan ilalang di kawah ilalang yang sangat mengasyikan, (kredit: Adi Susanto)

Bermain dengan ilalang di kawah ilalang yang sangat mengasyikan, (kredit: Adi Susanto) melalui instagram.com

Kawah ilalang ini berada di sebelah timur dari kawah wurung, dusun Curah Macan, desa Kalianyar kecamatan Sempol Bondowoso. Pesona kawah ilalang ini merupakan ilalang yang tumbuh subur di kurang makin lokasi yang sangat jarang ditemui di tengah kota. Dengan ditambah hembusan angin yang membikin seakan terdengat auman singa, serta dihiasi pemandangan pegunungan ijen di kurang makinnya meningkatkan keindahannya.


Ke air terjun Dagangra mini ala Indonesia aja di Bondowoso.
Versi mini air terjun dagangra (kredit: Meilinda Pujiwati)

Versi mini air terjun dagangra (kredit: Meilinda Pujiwati)

Ingin ke air terjun Dagangra di Ontario Amerika? Gak usah jauh-jauh deh, liat dulu versi mini Indonesianya. Di bondowoso pastinya, air terjun mini Dagangra ini lumayan untuk dijadikan goal wisata anda. Air terjun yang ketinggiannya tidak hingga 7m ini sangat indah, dengan guyuran airnya yang khas, serta dikelilingi oleh kebun kopi Arabica.



Itulah list wisata dari Bondowoso yang wajib banget kalian kunjungi, gak butuh curiga lagi berkunjung kota yang lumayan kecil ini. ingin menikmati keindahan alam yang asri, Bondowoso menyuguhkannya dengan baik. Jadi yuk, berpetualang!